Perpustakaan Bioteknologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Produksi artemisinin melalui kultur pucuk Artemisia cina Berg ex Poljakov dengan perlakuan sukrosa dan ekstrak khamir : Laporan thesis

No image available for this title
Abtrak

PRODUKSI ARTEMISININ MELALUI KULTUR PUCUK Artemisia cina Berg ex Poljakov DENGAN PERLAKUAN SUKROSA DAN EKSTRAK KHAMIR

Artemisinin merupakan metabolit sekunder yang berpotensi sebagai anti malaria. Artemisinin yang terkandung di dalam Artemisia annua adalah seskuiterpen lakton dengan peroksida internal yang aktif sebagai obat anti malaria yang efektif terhadap strain Plasmodium sp. Artemisia cina adalah tanaman yang satu famili dengan A. annua dan berpotensi sebagai sumber artemisinin.

Penelitian mengenai kadar artemisinin dalam A. cina secara kultur pucuk sejauh ini belum banyak dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kultur pucuk A. cina dalam memproduksi artemisinin, mengetahui pengaruh kadar ekstrak khamir dan kadar sukrosa serta kombinasinya terhadap produksi artemisinin pada tanaman A. cina dan menentukan kadar ekstrak khamir dan kadar sukrosa serta kombinasinya yang menghasilkan artemisinin tinggi .

Penelitian ini menggunakan faktorial 4 x 4 yang disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK) . Faktor pertama adalah perlakuan sukrosa dengan kadar 1 %,3%,5% dan 7%, sedangkan faktor kedua adalah ekstrak khamir dengan kadar 0 mg/l, 100 mg/l, 200 mg/l dan 300 mg/l. Analisis kuantitatif artemisinin dengan menggunakan HPLC. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan ANOVA dan diuji dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kultur pucuk dapat dipergunakan sebagai cara untuk memproduksi artemisinin dari tanaman A. cina. Pemberian elisitor (ekstrak khamir) dan sukrosa mampu meningkatkan kandungan artesimin dari tanaman A.cina dan kombinasi kadar sukrosa 3 % dan ekstrak khamir 200 mg/I menghasilkan artemisinin tertinggi, yaitu 14,035 mg/g bahan kering.


Pustakawan Ahmad
Ketersediaan
BTK04614043.2:582.998.2 HER pPerpus Biotek (Rak B)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

043.2:582.998.2 HER p

Penerbit

Program Pasca Sarjana-UGM : Yogyakarta.,

Deskripsi Fisik

Viii, 81 hal : ill.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

043.2:582.998.2

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.