Image of Hydrocarbon Potential in The Fore Arc Basin of Indonesia : Presentasi RUTI

Text

Hydrocarbon Potential in The Fore Arc Basin of Indonesia : Presentasi RUTI




RISET UNGGULAN TERPADU : Evolusi dan Geodinamik model Cekungan Busur Muka Sumatera kaitannya dengan Potensi Hidrokarbon

ABSTRAK

Ladang migas di Indoensia sampai saat ini masih beroperasi pada daerah sumur-sumur lama di daerah cekungan busur belakang (back arc basin) dan belum merambah ke daerah-daerah baru yang telah diidentifikasi sebagai daerah potensi migas. Daerah ini dikenal sebagai daerah cekungan muka busur (fore arc basin) terbentuk di sepanjang batas tumbukan lempeng-lempeng, dekat dengan zona penujaman dan terletak diantara busur luar kepulauan non volkanik dan busur dalam volkanik. Beberapa penelitian dan pemboran telah dilakukan pada tahun 70 an di daerah fore arc basin dan mengindikasikan adanya potensi migas baru di daerah-daerah perairan dangkal dekat daratan dengan ditemukannya oil window dan oil show, namun sumber oil atau gas belum dapat diidentifikasi berasal dari mana.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, saat ini struktur geologi cekungan muka busur (fore arc basin) seluruhnya dapat dipetakan hingga mencapai batuan dasar (basement). Studi geodinamika yang dilakukan oleh BPPT dan BGR (Jerman) di daerah zona subduksi, diperoleh bahwa pada umumnya ketebalan sedimen di daerah cekungan muka busur sebelah barat perairan Sumatra mencapai lebih dari 5000 meter. Hal ini menunjukkan bahwa daerah ini cukup berpotensi untuk keberadaan hidrokarbon. Disamping itu batuan dasar dari cekungan ini diduga merupakan basement continent yang lebih panas dibanding dengan basement oceanic.

Kerjasama penelitian geologi dan geofisika kelautan antara BPPT dengan BGR telah dapat memetakan struktur geologi daerah perairan barat Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dengan menggunakan metoda geofisika seperti “multichannel seismic refleksi, batimetri, gravitasi, magnetic, dan subbottom profilling sepanjang 5358 km. Dari hasil olahan dan analisa data pada beberapa lintasan seismik, digabung dengan beberapa informasi sumur di daerah fore arc basin NAD, ditemukan indikasi akan hadirnya “play concept” dari pembentukan hidrokarbon. Play Concept dimaksud adalah dijumpainya cekungan (basin), reservoir (Brigth Spot dan carbonat buildups), batuan penutup, sumber migas (source rock), serta dari dan lewat mana hidrokarbon itu terperangkap.



Entry oleh Ahmad


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Riset Unggulan Terpadu Internasional : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this