No image available for this title

Artikel

Pengaruh Iradiasi Sinar Gamma (60Co) terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jahe Putih Kecil (Zingiber officinale var. Amarum)



Keragaman genetik plasma nutfah jahe rendah sehingga perlu dilakukan peningkatan keragaman, antara lain dengan iradiasi sinar gamma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis iradiasi terhadap pertumbuhan dan produksi jahe putih kecil. Penelitian dilakukan di Laboratorium Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat serta Kebun Percobaan Cicurug, Sukabumi pada bulan Juni 2010 sampai dengan Mei 2011. Iradiasi dilakukan di P3TIR, BATAN, Jakarta. Percobaan disusun menggunakan rancangan split plot dengan petak utama dua aksesi jahe putih kecil ZIOF 0048 dan HALINA 1 dan anak petak adalah 11 dosis iradiasi (0-50 Gy) dengan interval 5 Gy. Perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Pengamatan karakter morfologi dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif pada umur 2, 3, dan 4 BST. Hasil penelitian menunjukkan aksesi berpengaruh terhadap radiosensitivitas. Aksesi HALINA 1 lebih sensitif dibandingkan dengan ZIOF 0048 ditunjukkan dengan nilai LD50 HALINA 1 (11,07 Gy) lebih rendah dari LD50 ZIOF 0048 (13,43 Gy). Interaksi aksesi pada dosis 5 dan 10 Gy memiliki nilai terbaik pada tinggi tanaman, ukuran daun serta jumlah anakan. Dosis mempengaruhi tinggi tanaman, ukuran daun, diameter dan panjang batang, serta jumlah daun. Pertumbuhan tanaman semakin meningkat dengan bertambahnya umur tanaman. Namun, semakin tinggi dosis iradiasi, pertumbuhan tanaman
semakin melambat. Pertumbuhan tanaman terbaik diperoleh pada dosis 5 Gy, dan tidak berbeda dengan kontrol. Bobot dan ukuran rimpang terbaik (964 g/rumpun) diperoleh dari HALINA 1 pada dosis 10 Gy, dan berbeda dengan kontrol (454 g/rumpun), serta perlakuan lainnya.
(Entry oleh Ahmad 2/7/18)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Jurnal Penelitian Tanaman Industri = Industrial Crops Reserach Journal
No. Panggil
-
Penerbit Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. : Bogor..,
Deskripsi Fisik
Vol. 21 (2) 2015 : 47-56
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
0853-8212
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Jurnal Penelitian Tanaman Industriid

Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this