Image of Pemanfaatan Kompos dan Pupuk Organik Hayati (POH) untuk Meningkatkan Produksi Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.)

Publikasi Staf Biotek

Pemanfaatan Kompos dan Pupuk Organik Hayati (POH) untuk Meningkatkan Produksi Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kompos(KPN = K dan CSC– BG = B) dan pupuk organik hayati dalam meningkatkan produksi tanaman Kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.). Penelitian ini dilakukan di Screen house Kebun Plasma Nutfah (KPN) Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI Cibinong, dari bulan Maret sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga ulangan dan 7 perlakuan yaitu kontrol/ tanpa pupuk (C), K1 dan B1 (masing-masing5 t/ha), K2 dan B2 (masing-masing 10 t/ha), P1 (10 l/ha) dan P2 (15 l/ha). Analisis data dilakukan dengan sidik ragam (ANOVA)lalu, diuji lanjut dengan BNT(5%). Variabel pengamatan terdiri dari tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), diameter batang (mm), berat basah tajuk (g), berat basah akar (g), berat kering tajuk (g), berat kering akar (g) dan produksi (kg) tanaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan dan produktivitas tanaman kangkung darat dengan pemberian pupuk organik yang berbeda menunjukan hasil yang berbeda pula. Dosis pupuk organik yang memberikan pengaruh lebih baik dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi kangkung darat adalah pada perlakuan pemberian kompos dengan dosis 10 t/ha.

(Ludya/Pustakawan)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Prosiding Seminar Nasional Penyediaan Inovasi dan Strategi Pendampingan untuk Pencapaian Swasembada Pangan Kabupaten Semarang, 14 Desember 2016
No. Panggil
-
Penerbit Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian : Kab. Semarang.,
Deskripsi Fisik
Halaman 1402-1410
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6954-15-2
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this