Image of Toksisitas dan Aktivitas Antimalaria Melalui Penghambatan Polimerisasi Hem Secara In Vitro Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis paniculata)

Publikasi Staf Biotek

Toksisitas dan Aktivitas Antimalaria Melalui Penghambatan Polimerisasi Hem Secara In Vitro Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis paniculata)



Sambiloto (Andrographis paniculata) telah lama digunakan untuk mengobati malaria. Penelitian in vitro dengan parasit maupun melalui penghambatan polimerisasi hem dengan senyawa andrografolida dan in vivo dengan hewan uji terinfeksi telah dilakukan, namun demikian belum ada penelitian tentang penghambatan polimerisasi hem ekstrak dengan tingkat kepolaran yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas penghambatan polimerisasi hem dan toksisitas ekstrak daun sambiloto. Daun sambiloto diekstraksi secara maserasi bertingkat berturut-turut menggunakan pelarut n-heksan, etil asetat, dan etanol 70 persen. Uji antimalaria secara in vitro menggunakan metode penghambatan polimerisasi hem. Uji toksisitas menggunakan metode uji kematian larva Artemia salina (BSLT). Skrining ftokimia dilakukan secara kualitatif untuk seluruh ekstrak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak n-heksan, etil asetat, dan etanol 70 persen memiliki aktivitas penghambatan polimerisasi hem dengan nilai IC50 masing-masing sebesar 2.196,57; 1.235,54; dan 1.157,24 µg/mL. Ekstrak n-heksan, etil asetat, dan etanol 70 persen masing-masing memiliki nilai LC50 sebesar 1.155,79; 1.133,89; dan 5.229,15 µg/mL. Ekstrak etanol 70 persen mengandung alkaloid, favonoid, steroid/triterpenoid, saponin, dan tannin. Ekstrak n-heksan dan etil asetat hanya mengandung alkaloid dan steroid/triterpenoid. Ekstrak etanol 70 persen, etil asetat, dan n-heksan daun sambiloto memiliki kemampuan dalam menghambat polimerisasi hem dan tidak toksik terhadap larva Artemia salina.

(Ludya/Pustakawan)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Media Litbangkes
No. Panggil
-
Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. : Jakarta..,
Deskripsi Fisik
Vol. 27 (4): 255 - 262.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
0853-9987
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this